Memperbaiki Pengaturan Brightness Yang Tidak Berfungsi

Sekian lama memakai Laptop Gateway NV49C32n dengan Ubuntu Oneiric terinstall, saya baru menyadari bahwa kekuatan cahaya pada layar tidak dapat diatur.
Ketika memencet tombol Fn+F11/F12 tampilan indicator brightness keluar tapi kekuatan cahaya tidak berubah sama sekali.

Setelah mencari inspirasi kesana-kemari saya mengikuti petunjuk dr kamalmostafa

PPA dari kamal mostafa tersebut memberikan patch untuk maverick dan natty, sedangkan kernel oneiric sudah dilengkapi dengan perbaikan tersebut. Tapi pengguna oneiric tetap harus menambahkan parameter boot “acpi_backlight=vendor”

Jadi kita edit /etc/default/grub
masukkan dalam baris berikut :

GRUB_CMDLINE_LINUX=”acpi_backlight=vendor”

restart, dan kontrol brighness berfungsi

About Ronald Gautama

Abnormal Miscreated

Posted on November 1, 2011, in LiNUX, Tutorsial, ubuntu and tagged , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. GRUB_CMDLINE_LINUX=”acpi_backlight=vendor”

    maksutnya itu =vendor ?
    yg tulisan vendor itu diisi itu apa diisi vendor apa mas ???

    maaf aq nubi

  2. mas punya saya gag bisa di save,waktu saya edit… trus apa solusinya.
    Trimakasi..

  3. oya mas trus waktu saya masukin ekstrakn.a pengganti tema menjadi shell… itu gag bisa di paste… di sistem.a….

  4. punya saya acer bisa juga tidak? bingung.. mata bisa eror ni terlalu cerah

  5. maaf, jujur, saya g ngerti maksudnya vendor. sy hrs ktk dmn itu kode?tolong bantu sy.dr depan smp restart.terimakasih

  6. mas punya saya juga gak bisa di atur kontrasnya merk notebook acer aspire e3-112

Tinggalkan komentar