Monthly Archives: November 2008

Kok Jadi Kurang Seribu??

Semalam sempat tercenung-cenung juga dengan kasus yang diberikan teman saya ini:

* ada 1 ekor kambing harganya Rp 75.000
* ada 3 pemuda yang mau beli kambing tersebut…

berarti masing-masing mengumpulkan @ Rp 25.000… Jadi terkumpul Rp 75.000 sesuai harga jual…betul?

Selanjutnya uang itu diserahkan ke calo sejumlah uang tersebut = Rp75.000
Calo itu ternyata ngasih ke pedagangnya Rp 70.000 (diskon Rp 5.000..betul?)

Lalu dari 5.000 itu dibagi ke 3 pemuda tadi @ Rp 1.000 dan sisanya Rp 2.000 buat si calo…masih nyambung??

Disini permasalahannya…
Berarti masing2 pemuda ngantongin Rp 1.000
dengan kata lain seharusnya uang yang dikumpulkan oleh masing2 pemuda tadi Rp 25.000 – Rp 1.000 = Rp 24.000
Jika masing2 pemuda harus membayar @ Rp 24.000 jadi perhitungan matematika = 3 X Rp 24.000 = Rp 72.000 bener dong???

Jadi Total uang yang dikumpulkan Rp.72.000

* Rp 2.000 (punyanya si calo) + Rp. 72.000= Rp 74.000 Pertanyaannya?

KEMANA SISA UANG YANG Rp. 1.000… HAYO…?

Buat yang mengerti kasus ini mendapatkan Free Sign Up di WordPress.com đŸ˜›

Iklan

Mengapa Menggunakan Linux/FOSS?

1. Karena Saya Anti-mbayar.
Bukannya saya anti-microsoft – toh os windows dan program-program microsoft memang bagus2
Bukannya saya anti-pembajakan – koleksi mp3 saya jelas-jelas ilegal, progam-program windows saya juga kebanyakan bajakan.
Saya mendukung F/OSS -tapi bukan karena saya suka ngoprek-ngoprek Source Code yang babar blas saya gak mudeng.
Semata-mata karena saya miskin dan ada sedikit kesadaran untuk mengurangi pembajakan.

2. Karena Bosan dengan Windows
Meski juga belum ahli Windows, saya sudah bosan. Dan ketika menemukan sesuatu yang baru, tentu saja saya berpaling.
OS itu seperti bermain GAME,.. semakin gak bisa maka akan semakin penasaran untuk mencoba.
juga seperti WANITA… susah dimengerti tapi membuat ereksi.

3. Karena Kecanggihan dan Kehandalan Linux
Yang ini tidak diragukan lagi.
skalabilitas dari komputer jadul sampai multiprosesor, luar biasa stabil, desain dan keamanan multiuser, ribuan program dan tools untuk menjalankan pekerjaan, perkembangannya yang luar biasa cepat, dukungan network dan remote akses.
Ini penting, karena prinsip kerja seorang admin adalah “Kerja sesedikit mungkin, Syukur-syukur Otomatis”
Dan keunggulan linux bisa memenuhi itu.

4. Karena Tampak Keren
Nah inilah alasan utamanya.
Saya bukan orang pintar, kuliah saja lulus dengan predikat kemelut. Tapi saya tampak pintar sewaktu mengunakan linux.
Sering kali orang awam terbengong-bengong melihat layar monitor saya penuh dengan baris-baris tulisan yang bergerak sangat cepat. –padahal yang dilihat cuma access.log nya squid atau progres kompilasi yang saya sendiri juga gak ngerti–.
Jika nanti semua orang sudah menggunakan linux dan saya tidak keren lagi…. ya perlu cari alternative lagi

Wallpaper berbeda untuk tiap Workspace

Ketika bekerja di desktop dengan 4 workspace dan bermain-main efek rotate cube sering kali timbul keinginan untuk mempunyai wallpaper yang berbeda-beda untuk setiap workspacenya.
Ternyata ini tidaklah sulit diwujudkan, kira-kira begini triknya.

1. Klik System – Preferences – Advance Desktop Effect Settings
2. Pilih Desktop Cube – Apperance – Background Image
3. Pilih New. dan tambahkan gambar wallpaper yang diinginkan ke dalam daftar

advance desktop effect settings

advance desktop effect settings

4. Tekan Alt+F2, dan jalankan gconf-editor
5. Pilih apps – nautilus – preferences
6. HIlangkan centang pada Show Desktop

gconf-editor app nautilus preference show desktop

gconf-editor app nautilus preference show desktop

Nah anda sekarang akan menikmati wallpaper yang berbeda untuk tiap workspace. Problemnya …semua ikon launcher di desktop yang sebelumnya dibuat tidak akan kelihatan, dan klik kanan di desktop juga tidak berfungsi.
Jadi sebaiknya install juga Avant-Window-Navigator atau dock lain untuk menampung launcher anda

4 wallpaper

4 wallpaper

mayaannnn