Gnome-Shell di Oneiric

Setelah sukses upgrade online dari Natty, saya menemukan bahwa gnome-shell bahkan sudah terinstall dengan sendirinya di system yang baru. Tidak heran karena memang ubuntu oneiric menggunakan gnome3 sbg backend nya.
Dulu sewaktu mencoba gnome-shell di fedora 15 saya masih agak kurang sreg, dan sekarang saya memutuskan untuk mencobanya kembali karena gnome 3.2 sepertinya sudah cukup matang.

Penampilan Gnome-Shell di desktop saya :

Cukup menarik, dengan theme Adwaita dan tema icon Faenza.
Efek scale didapat dengan mengarahkan pointer ke kiri atas atau menekan tombol Actitivies.

Hal yang masih kurang ada di Network Setting, ketika kita buka tidak ada pilihan untuk menambahkan profile jaringan (wired maupun wireless).


Setelah saya cari-cari command yang berhubungan dengan “nm-” akhirnya saya bisa menambahkan profile jaringan dengan mengeksekusi perintah nm-connection-editor

Dan jika kita ingin menambahkan extensions dengan mudah, kita dapat menggunakan PPA Webup8 :

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/gnome3
sudo apt-get update

Beberapa ekstensi yang saya tambahkan adalah :

gnome-shell-extensions-pidgin – Pidgin extension for GNOME Shell
gnome-shell-extensions-auto-move-windows – Auto Move Windows extension to GNOME Shell
gnome-shell-extensions-user-theme – User Theme extension to GNOME Shell
gnome-shell-extensions-weather – Weather extension for GNOME Shell

Untuk mematikan/shutdown di Gnome 3,
Saat menekan menu Nama di kanan atas tidak ada tombol shutdown yang tersedia, cuma ada Lock Screen, Switch User, Log out, dan Suspend.
Sekarang tekan ALT -> tombol Suspend berubah menjadi Power Off dan bisa untuk mematikan system.
Rada2 konyol desainnya

About Ronald Gautama

Abnormal Miscreated

Posted on Oktober 17, 2011, in LiNUX, Tutorsial, ubuntu and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

